Wisata Karang Nini Pangandaran

03.01

Wisata Karang Nini Pangandaran

Tempat wisata karang Nini, terdapat di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan. Selama jalan dari pintu gerbang ke tempat, bakal Anda nikmati kesejukan rimba jati dengan irama alam liarnya. Bukanlah itu saja, pada bagian-bagian jalan ini bakal disajikan pemandangan pantai dari kejauhan dengan latar belakang Sagara Anakan. Sungguh suatu panorama yang tidak terlupakan jika Anda datang ketika cuaca cerah. Saat sebelum meraih pantai Anda juga bakal menjumpai Pondok Wisata yang dikelola oleh Perhutani Kabupaten Ciamis, dekat dengan wisata pangandaran.
Anda sebagian jenis yang bisa Anda tentukan. Dengan tarif/malam yang berkompetisi Anda bisa bersantai berbarengan keluaga nikmati situasi alam yang tenang dengan pemandangan pantai yang mengagumkan. 
Wisata Karang Nini Pangandaran

Di pantai ini terhampar batu-batu karang yang satu diantaranya mirip seseorang nenek (nini dalam bhs Sunda) yang tengah menanti si kakek, hingga tempat ini diberi nama Pantai Karangnini. 
Wana Wisata Karangnini yaitu object wisata alam yang disebut kombinasi rimba serta pantai. Hamparan rimba Jati serta rimba yang lebat bertaut dengan lautan terlepas, ditingkah debur ombak serta berbuntut di langit biru lazuardi yang membuat garis horizon dari kejauhan, adalah pesona alam yang menaruh misteri kebesaran serta keagungan Tuhan. 
Dari silhuet mentari di ufuk timur, membayang pulau Nusa Kambangan serta teluk Pananjung di selatan, dan kelokan jalan kereta api peninggalan Belanda yang menghilang di ujung terowongan. 
Masa lalu tempo doeloe menerawang dalam lamunan sepur yang sarat muatan, terengah merengkuh tanjakan serta hilang di kelok jalan, tersisa bunyi raungan keletihan. 
Seluruhnya keindahan itu bisa di nikmati lewat sarana : 
  • Lima pondok wisata berarsitektur tradisional Sunda dengan kemampuan rata-rata tiga kamar 
  • Saung pertemuan Bale Rancage 
  • Menara pandang dilengkapi teropong 
  • Sebagian shelter untuk santai melihat laut lepas 
  • Joging track 
  • Hidangan makan malam ikan bakar 
  • Tempat Parkir yang luas serta aman 
  • Tempat bermain anak-anak 
  • Camping ground kemampuan 300 orang 

Joging lewat jalan setapak dapat dikerjakan sembari nikmati beragam type flora serta fauna yang hidup di rimba seputar, seperti Jati (Tectona Grandis), Mahoni (Sweitenia Mahagoni), Angsana (Pterocarpus Indicus Willd), Ketapang (Terminalia Catappa), Keben (Baringtonia Asiatica), Johar (Casia Siamea) serta beberapa jenis yang lain 
Sedang fauna seperti Musang (Paradoxorus Hermaproditus), Tupai (Callosiorus Notatus), Kera (Presbytis Cristata). 
Wana Wisata Karangnini yang dikelola Perum Perhutani, ada pada jalur wisata Ciamis-Pangandaran. Jarak dari Bandung seputar 200 km atau 80 km dari kota manis Ciamis, 10 km saat sebelum Pantai Pangandaran. Karangnini bisa diraih dengan kendaraan umum atau pribadi, masuk seputar 2 km, tersembunyi dari kebisingan serta menghadap laut terlepas Samudra Indonesia. 
Ketinggian dari muka laut seputar 100 mtr.. dengan suhu 24 - 30 Derajat Celcius serta kelembapan hawa rata-rata 85%. 
Terkecuali keindahan alam bisa di nikmati juga obyek-obyek kunjungan yang lain : 
  • Makam Cikabuyutan serta mata air Sumur Tujuh yang diakui bisa bikin orang awet muda serta dapat mengobati beragam pernyakit 
  • Sebagian goa keramat, seperti Goa Dompet, Goa Panjang, Goa Parat serta Goa Pendek, yang semasing m punyai ciri khas serta cerita yang tidak sama. Konon Gua Panjang adalah jalan tembus menuju Kasunanan Cirebon. 
  • Makam Eyang Anggasinga Wencana serta Mahapatih Bagaspati 
  • Aquarium alam di muara Cipangbokongan, di mana waktu air laut surut, kita bisa nikmati beragam type ikat hias yang terjerat di relung-relung terumbu karang. 
  • Meneropong pulau Nusa Kambangan di samping timur serta cagar alam Pananjung di samping selatan, dari menara pandang

Artikel Lainnya

0 komentar